Posted by : Ivcinici August 15, 2015






Resleting merupakan mesin paling sederhana di jaman modern ini. Meskipun kecil dan sederhana, faktanya alat ini sangat penting bagi manusia. Sangat mudah bagi kita menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari, entah celana, jaket, tas dan banyak lainnya.
Apakah kalian tahu bagaimana persisnya Resleting bekerja? Mungkin hal ini terdengar lucu dan sepele bagi kalian. Tetapi apakah kalian pernah memikirkannya? Artikel ini akan membahas bagian penting Resleting dan cara kerjanya. Simak baik-baik.

Hook dan Wedge
 
Resleting hanya dapat dibuat dengan mesin modern. Tetapi Resleting sebenarnya terdiri dari 2 alat yang sederhana dan tertua dalam peradaban manusia.

Wedge adalah objek yang permukaannya miring. Fungsi kerjanya mirip dengan knop pintu. Hanya bisa bergerak satu arah, sedangkan arah lain terkunci. Sehingga Resleting membuat terkunci.
Hook, tentu saja bentuknya seperti lengkungan yang digunakan untuk mengait. Ini berfungsi untuk mengaitkan sisi Resleting dengan sisi lawannya. Alhasil Resleting tidak akan mudah lepas.

Track
 
Jalur Resleting terdiri dari puluhan gigi. Setiap gigi memiliki kombinasi Hook dengan Hollow (Rongga yang terdapat dalam kaitan Resleting). Selain itu ada juga Slide yang membantu untuk mengunci atau melepas Resleting

Jika slide bergerak naik. 2 sisi slide yang luar akan mendorong gigi kedalam, sehingga Hook akan tertekan maju dan membuat Wedge dan Hollow menyatu. Jika slide bergerak turun maka kebalikannya.
Bagaimana? Hal yang sederhana seperti itu dapat membuat kehidupan manusia lebih baik. Masih banyak hal lain di sekitar kita yang penting tetapi hal tersebut sering kita anggap sepele.

SUMBER 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 ZON ISLAND - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -