Posted by : Ivcinici August 15, 2015


Rautan pensil, sebuah barang yang sudah tidak menjadi barang asing lagi ya ditelinga. Ya, itu karena pada waktu kecil dulu atau bahkan ada yang sampai sekarang masih setia menggunakan pensil, entah untuk menulis atau pun untuk menggambar. Akan tetapi pernahkan anda mendengar atau bercanda pada teman – teman anda kalau rautan pensil ditiup maka nanti lama – lama akan menjadi tumpul. Dan dulu waktu masih kecil, tentu kita hanya percaya dan selalu berusaha untuk tidak meniupnya ketika hendak membersihkan.

Dan apakah benar ya sebuah rautan pensil itu akan menjadi tumpul kalau kita tiup? Kalau memang benar, mengapa demikian?. Itulah pertanyaan yang akan muncul dibenak kita jika kita masih ingat misteri tentang rautan pensil itu.hehehe
Baiklah, di sini saya akan mencoba menjelaskan kepada anda kalau rautan pensil itu sering ditiup, maka lama kelamaan memang benar akan menjadi tumpul.

Mengapa demikian?
Rautan pensil itu akan menjadi tumpul karena adanya uap air yang keluar dari mulut kita ketika kita meniup rautan tersebut, sedangkan sebuah rautan itu mengandung besi. Dan masih ingatkah kalian rumus kimia ketika sebuah besi bertemu dengan uap air?
Uap air (H2o) + Besi (Fe) = Karat besi

Jadi bisa kita simpulkan, rautan tersebut akan menjadi tumpul dikarenakan besi tersebut berkarat kalau sering kita tiup.

Teori ini saya peroleh dari hasil browsing – browsing, karena saya juga merasa penasaran dengan misteri tersebut.

SUMBER


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 ZON ISLAND - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -