Posted by : Ivcinici August 19, 2015



  • Jelaskan keberadaan awal kepulauan Indonesia 
  •  
Menurut para ahli bumi ,posisi pulau-pulau di kepulauan Indonesia terletak diatas tungku api yang bersumber dari magma dalam perut bumi. Inti perut bumi tersebut berupa lava cair bersuhu sangat tinggi makin dalam tekanan dan suhunya semakin tinggi.

  •  Jelaskan tentang pembabakan waktu zaman praaksara
  •  
  1. Azoikum, yaitu zaman sebelum adanya kehidupan. Pada saat ini bumi baru terbentuk dengan suhu yang relatif tinggi. Waktunya lebih dari satu miliar tahun.
  2. Palaezoitikum, yaitu zaman purba tertua. Pada zaman ini sudah meninggalkan fosil flora dan fauna. Berlangsung kira-kira 350.000.000 tahun.
  3. Mesozoikum, yaitu zaman purba tengah. Pada masa ini hewan mamalia, hewan amfibi, burung dan tumbuhan berbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140.000.000 tahun
  4. Neozoikum, yaitu zaman purba baru yang dimulai sejak 60.000.000 tahun yang lalu. Zaman ini dapat dibagi menjadi dua tahap(Tersier dan Quarter). Zaman es mulai menyusut dan makhluk-makhluk tingkat tinggi dan manusia mulai hidup.
 
  • Jelaskan terbentuknya kepulauan Indonesia dan kaitannya dengan keberadaan kepulauan Indonesia saat ini

Masa Paleozoikum keadaan geografis kepulauan Indonesia belum terbentuk seperti sekarang ini. Masa Mesozoikum kegiatan tektonis menjadi sangat aktif menggerakkan lempeng-lempeng Indo-Australia,turasia dan pasifik. Sehingga membuat daratan terpecah-pecah. Benua Eurasia menjadi pulau-pulau yang terpisah satu dengan lainnya. Hal yang sama membentuk rangkaian kepulauan Indonesia pada masa tersier.

  • Jelaskan tentang nilai-nilai yang terpetik dari terbentuknya pulau-pulau di kepulauan Indonesia
 
1. Dari Bidang Biogeografi, Kita Bisa Mempelajari Bagaimana Proses Penyebaran Dari Hewan Dan Tumbuhan, Maksudnya Asal Mula Penyebaran Hewan Dan Tumbuhan Tersebut.
2. Dalam Hal Ini Juga Termasuk Penyebaran Oleh Nenek Moyang Kita Manusia, Mungkin Nenek Moyang Orang Indonesia Pindah Dari Daratan Asia Saat Indonesia Masih Tergabung Dengan Asia.
3. Secara Geografi, Kita Bisa Mengetahui Bahwa Daratan Asia Yan Tergabung Dengan Asia, Dan Karena Adanya Aliran Lava Pada Lempengan Bumi Dan Peningkatan Air Laut Menyebabkab Terbentuknya Pulau-Pulau.
4. Secara Konservasi, Dengan Mengetahui Terbentuknya Kepulauan Indonesia, Yang Salah Satu Penyebabnya Adalah Mencairnya Lapisan Es. Pada Zaman Dahulu, Sebagian Besar Bumu Kita Ditutupi Oleh Es, Dan Mencairnya Es Karena Naiknya Suhu Bumi, Mengakibatkan Naiknya Permukaan Air Laut, Sehingga Terbentulah Pulau-Pulau. Pada Saat Ini, Yang Lagi Gemparnya Isu Global Warming, Yang Menyebabkan Es Di Kutub Mencair, Tentu Saja Akan Mengakibatkan Naiknya Permukaan Air Laut. Dan Hal Itu Akan Mengakibatkan Luas Suatu Pulau Akan Menjadi Kecil Atau Bisa Jadi Tenggelam. Kembali Lagi Ke Global Warming Yang Disebabkan Oleh Efek Rumah Kaca Dan Aktifitas Manusia Lainnya Yang Merusak Lingkungan.
5. Secara Agama, Tentu Saja Kita Akan Sangat Bersyukur Dengan Ciptaan Yang Maha Kuasa.
6. Secara Biologi, Dengan Mengetahui Proses Terbentuknya Kepualuan Indonesia, Tentu Saja Kita Bisa Mengetahui Aliran Gen Dari Suatu Organisme, Dan Membuat Organisme Tersebut Akan Berbeda Secara Simpatrik Atau Allopatrik.

  • Jelaskan tentang hikmah yang dapat diambil dari terbentuknya pulau-pulau di kepulauan Indonesia
 
  1. Indonesia menjadi bangsa yang bersatu ,meskipun berbeda-beda suku, ras, dan agama
  2. Mengenal adanya perdagangan antar pulau bahkan negara
  3. Mengerti pengetahuan tentang navigasi dan alat transportasi
  4. Indonesia menjadi daerah dengan tingkat keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 ZON ISLAND - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -