Posted by : Ivcinici April 09, 2016


Bersendawa tiga - empat kali setelah makan adalah hal yang normal. Hal ini biasanya disebabkan oleh udara yang tertelan saat makan.
Namun terlalu sering sendawa bukanlah tanda yang sehat dan mungkin menandakan gangguan terntenu.
Berikut adalah penyebab umum sendawa yang harus Anda sadari;
1. Makan terlalu cepat
Makan terlalu cepat membuat Anda menelan banyak udara saat makan. Udara terjebak di saluran pencernaan dan dikeluarkan melalui mulut, setelah Anda selesai makan dalam bentuk sendawa.
2. Minum minuman berkarbonasi
Jika minum minuman dingin, gelembung akan terbentuk dalam tubuh, yang menyebabkan iritasi diafragma dan dilepaskan dari mulut dalam bentuk gas.
3. Makanan tertentu
Kebanyakan orang tidak menyadari fakta bahwa konsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan sendawa. Makanan yang bisa menyebabkan Anda bersendawa adalah makanan berlemak, permen karet, kafein, peppermint, makanan yang digoreng dan cokelat.
4. Asam lambung atau GERD
Dalam beberapa kasus, mulas dan GERD (gastro esophageal reflux disease) juga menyebabkan sendawa. Akibat kelebihan asam dalam perut, Anda cenderung menelan lebih banyak udara untuk membersihkan gas, yang akhirnya menyebabkan kelebihan udara sehingga menimbulkan sendawa.
5. Obat tertentu
Ada banyak obat yang dapat menyebabkan sendawa, seperti pencahar, pembunuh rasa sakit atau suplemen kalsium.
6. Gangguan pencernaan dan masalah lain
Orang yang menderita berbagai masalah perut, seperti keasaman, gangguan pencernaan, atau luka perut akan bersendawa lebih sering. Hal ini disebabkan akibat penumpukan gas di dalam tubuh.
7. Gangguan kantong empedu
Batu empedu atau masalah dengan kandung empedu juga dapat menyebabkan sendawa. Jika terjadi terlalu sering, segera konsultasikan dengan dokter Anda.
8. Infeksi Helicobacter pylori
Merupakan bakteri penyebab gangguan lambung, yang meningkatkan meningkatkan risiko komplikasi perut lainnya seperti maag, tukak lambung dan GERD (asam lambung).
9. Kanker kerongkongan atau perut
Dalam kasus yang jarang terjadi, kanker kerongkongan atau perut juga menyebabkan sendawa. Proses normal sendawa menyebabkan penumpukan udara di perut bagian atas, yang dikeluarkan dari kerongkongan keluar melalui mulut. Namun dalam kasus kanker esofagus dan lambung, mungkin ada sendawa berlebihan bersamaan dengan perasaan kenyang, walau makan hanya sedikit.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 ZON ISLAND - Ore no Imouto - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -